Thursday, May 28, 2009

Aplikasi WebGIS dengan MapServer-MapBender-PostgreSQL - 3

Membuat MapServer Mapfile dengan ArcView GIS 3.3 dan Gix Export Tool

Mapfile merupakan jantung MapServer yang menunjukkan lokasi data spasial dan cara menampilkan data tersebut.

Cara cepat membuat mapfile adalah dengan cara manual dengan mengetiknya di software text editor misalnya notepad. Cara yang lain adalah dengan cara copy mapfile yang sudah jadi kemudian dimodifikasi. Sedangkan cara yang paling mudah adalah dengan bantuan aplikasi software untuk membuat mapfile. Ada banyak tersedia aplikasi software untuk membuat mapfile yang tersedia, misalnya: QuantumGIS, AmeiN (ArcView dan ArcGIS extensions), Gix Export Tool (ArcView extensions). Pada tulisan ini akan dibahas penggunaan Gix Export Tool dan ArcView GIS,

Sebelum menggunakan software aplikasi untuk membuat mapfile, sebaiknya pengguna paham tentang struktur mapfile karena kadang-kadang mapfile yang dibuat perlu sedikit dimodifikasi terlebih dahulu agar bisa berfungsi dengan lain.

Tahapan cara membuat dapat di-download dengan cara click link berikut Membuat MapServer Mapfile Dengan ArcView GIS dan Gix Extensions.pdf

3 comments:

  1. kok saya tidak bisa mendownload ya,,,
    bisa kirim ke email saya gak?? saya sangat memerlukan file ini sepertinya

    theach1608@yahoo.com
    mkasih...

    ReplyDelete
  2. bapak, saya sudah mencoba instalansi, tetapi tdk bisa...

    kalau saya menggunakan windows7, apa itu mempengaruhi...?

    ReplyDelete
  3. salam,

    Saya jg mencoba install sesuai dengan langkahnya namun gak berhasil. Dicoba di windows 7 juga. Apa karena sistemnya yah?
    Mohon pencerahannnya
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete